18 WBP Rutan Banda Aceh Dapat Asimilasi COVID-19

18 WBP Rutan Banda Aceh Dapat Asimilasi COVID-19

Banda Aceh, INFO_PAS - Sebanyak 18 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banda Aceh mendapatkan asimilasi Coronavirus disease (COVID-19), Rabu (29/7). Pemberian Surat Keputusan (SK) asimilasi dipimpin langsung Kepala Rutan Banda Aceh, Irhamuddin.

Ini merupakan pemberian asimilasi COVID-19 gelombang ke-13 yang telah dilaksanakan Rutan Banda Aceh sebagaimana Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19. Secara keseluruhan, sudah 178 WBP Rutan Banda Aceh yang telah menerima asimilasi COVID-19.

Sebelum pemberian SK asimilasi, WBP juga membuat surat pernyataan di atas materai. Dalam surat pernyataan itu, ada lima poin yang harus dipatuhi WBP, seperti mengisolasi diri selama dua minggu dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

“Jangan ulangi lagi perbuatan terdahulu, tetap berada di rumah, dan patuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” pesan Irhamuddin.

Pesan senada disampaikan Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Aldri Maitaruna. Ia mengingatkan jika ada yang melakukan pelanggaran hukum saat menjalankan asimilasi, maka akan dikenakan sanksi berat.

“Jika kalian melakukan pelanggaran hukum saat menjalani asimilasi, hak asimilasi dan seluruh hak integrasi lainnya akan dicabut. Kalian akan dimasukkan ke penjara lagi,” pesan Aldri.

 

 

Kontributor: Rutan Banda Aceh

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0