20 Narapidana Rutan Batang Bebas Asimilasi

20 Narapidana Rutan Batang Bebas Asimilasi

Batang, INFO_PAS - Sebanyak 20 narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang bebas asimilasi, Rabu (6/1). Ke-20 narapidana tersebut terdiri dari dua narapidana perempuan dan 18 narapidana laki-laki.

 

Menurut Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana, pemberian asimilasi di rumah kepada 20 narapidana berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 32 Tahun 2020 tanggal 18 Desember 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19. “Mereka mendapat asimilasi terkait pencegahan COVID-19," jelas Rindra.

 

Sesuai Permenkumham tersebut, Rindra menyebut syarat mendapatkan asimilasi diantaranya berkelakuan baik, mengikuti pembinaan, dan telah menjalani separuh masa pidana. “Untuk tindak pidana narkoba disyaratkan yang pidananya kurang dari lima tahun,” tambahnya.

Tercatat ada lima narapidana narkotika yang mendapatkan asimilasi di rumah, sementara 13 narapidana lainnya adalah kasus pidana umum dan dua narapidana perempuan kasus perlindungan Anak. Seluruhnya mendapat asimilasi setelah melalui persetujuan Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan Rutan Batang dan telah menjalani Penelitian Kemasyarakatan oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) balai pemasyarakatan.

 

Rindra meminta narapidana yang menjalani asimilasi wajib melaporkan kepada PK secara rutin, tetap berada di rumah, serta mematuhi protokol kesehatan. Jika aturan tersebut dilanggar, sengan pertimbangan dari PK, Asimilasi bisa dicabut. (IR)

 

 

 

 

Kontributor: Amien

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0