21 Narapidana Rutan Ambon Dipindahkan ke Lapas Ambon

21 Narapidana Rutan Ambon Dipindahkan ke Lapas Ambon

Ambon, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon Kembali memindahkan 21 narapidana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Selasa (22/12). Perpindahan kali ini dilatarbelakangi oleh akan dipindahkannya tahanan yang sudah berstatus A3 di Rutan Kepolisian Daerah (Polda) Maluku dan Kepolisian Resor (Polres) Kota Ambon, serta Kepulauan Lease ke Rutan Ambon.

Menurut Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIA Ambon, Wahyu Nurhayanto, perpindahan narapidana ke Lapas Ambon menerapkan protokol kesehatan dan syarat pemberkasan yang diperlukan Lapas Ambon. “Narapidana sebelum dipindahkan ke Lapas Ambon terlebih dahulu dilakukan rapid test yang hasilnya nonreaktif dan tes urin dengan hasil negatif,” ucap Wahyu.

Selanjutnya, Karutan menjelaskan perpidahan narapidana ke Lapas Ambon, selain untuk mencegah membludaknya sel-sel di dalam blok hunian, juga untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di dalam rutan. Hal ini mengingat Rutan Ambon saat ini sedang dalam proses rehabilitasi bangunan kantor.

“Kami mengantisipasi adanya gangguan kamtib di dalam rutan mengingat kondisi rutan yang saat ini masih dalam proses rehabilitasi bangunan kantor,” imbuhnya.

Dengan dipindahkannya 21 narapidana ke Lapas Ambon, jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Ambon saat ini adalah sebanyak 336 orang.

 

 

 

Kontributor: Hery Waikero

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0