Bersihkan Kolam, WBP Dukung Produktivitas Rutan Bantaeng

Bersihkan Kolam, WBP Dukung Produktivitas Rutan Bantaeng

Bantaeng, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bantaeng terlihat membersihkan tiga kolam ikan Rutan Bantaeng dengan cara dikuras, Rabu (30/10). Kegiatan ini untuk memanfaatkan dan memaksimalkan produktivitas WBP Rutan Bantaeng.

Hal tersebut merujuk pada apa yang disampaikan oleh Kepala Rutan Bantaeng, Muhammad Ishak, yang menginginkan kondisi over kapasitas di Rutan Bantaeng menjadi salah satu peluang untuk menjadi rutan yang produktif.

“Salah satu tujuan dari Revitalisasi Pemasyarakatan adalah memanfaatkan over kapasitas yang ada untuk menjadikan suatu lembaga pemasyarakatan atau rutan menjadi produktif. Maka dari itu, kami memanfaatkan lahan yang ada,” terang Ishak.

Seperti diketahui, di dalam area Rutan Bantaeng terdapat tiga kolam ikan dan beberapa meter tanah yang kerap ditanami pelbagai tanaman seperti kacang tanah, ubi jalar, buah naga, dan lainnya. “Setelah kolam ikan tersebut dibersihkan, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantaeng untuk permintaan pengadaan bibit ikan,” tambah Ishak.

Selain memiliki lahan dan kolam ikan, Ishak juga menginginkan lahan kebun rutan yang terletak di daerah Tala-Tala bisa dimanfaatkan dengan baik oleh WBP. “Kebun itu juga akan kami manfaatkan sebaik mungkin. Mulai dari sekarang kami akan mencari siapa-siapa saja WBP yang berkompeten untuk memaksimalkan lahan tersebut. Mereka yang dipilih betul-betul orang yang berkompeten dan tidak memiliki kemungkinan untuk menimbulkan masalah bagi pihak rutan,” janjinya.

Terakhir, Ishak menginginkan agar nantinya setelah kegiatan ini berjalan, pengawasan tidak hanya diawal kegiatan saja, melainkan setiap harinya selama kegiatan berlangsung agar produktivitas WBP bisa terus berjalan.

 

 

Kontributor: Rutan Bantaeng

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0