Cegah Pungli, Karutan Soe Bacakan Langsung WBP Penerima Hak Integrasi

Cegah Pungli, Karutan Soe Bacakan Langsung WBP Penerima Hak Integrasi

SoE, INFO_PAS - Sebanyak 31 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB SoE akan bebas dalam program integrasi. Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Rutan (Karutan) SoE, Lukas Laksana Frans, dalam apel pagi bersama WBP, Senin (9/3).

 

Ia menjelaskan saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, yakni pelaksanaan pemenuhan hak WBP dilakukan secara cepat, tepat, transparan, dan tanpa biaya sepeser pun. “Di tangan saya terdapat 33 nama WBP yang akan bebas dalam program integrasi di tahun 2020. Kami berupaya Surat Keputusan (SK) yang menunggu orang, bukan orang yang menunggu SK,’ tegas Lukas.

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan pengumuman langsung atau keterbukaan informasi yang disampaikannya dapat memotong sekaligus menghindari pungutan liar di Rutan Soe. “SK Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), dan Cuti Bersyarat (CB) merupakan potensi yang dapat  dimanfaatkan oknum petugas sehingga pada kesempatan ini saya mengumumkan kepada saudara sekalian untuk diketahui. Anda dan keluarga juga bisa mengeceknya langsung melalui layanan self service di ruangan kunjungan dan tempat warung telekomunikasi,” tambah Lukas,

 

Ia juga mengatakan SK PB, CMB, dan CB bukan merupakan hak mutlak yang harus diperoleh seluruh WBP, namun terdapat syarat adminstratif dan subtantif yang harus dipenuhi sehingga apabila dalam perjalanan waktu terdapat WBP yang melakukan pelanggaran yang terdapat dalam persyaratan, maka SK tersebut dapat ditinjau kembali.

“Namanya juga bersyarat, tentunya ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Apabila ada WBP yang melanggar ketentuan atau persyaratannya, maka SK ini dapat dicabut,” tegas Karutan.

 

Tak lupa, Lukas berpesan kepada seluruh WBP untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban serta mengikuti segala program pembinaan di Rutan SoE agar tiba pada masanya dapat diusulkan untuk memperoleh hal yang sama. “Kepada WBP yang tidak saya bacakan namanya, jangan berkecil hati. Berkelakuan baik, lakukan hal yang positif, dan ikuti seluruh program yang kami selenggarakan. Tentunya Anda juga akan memperoleh hak seperti ini,” janjinya.

 

Salah satu WBP Rutan Soe, Balasius Rigi Woge, senang karena telah memperoleh SK PB meski tanggal pelaksanaannya masih jauh. “Terima kasih Pak Karutan dan jajarannya. Terus terang saya kaget dan senang. Saya tidak mengeluarkan sepeser pun dalam proses ini. Tadi dibacakan saya akan bebas tanggal 28 September 2020,” pungkas narapidana 7 tahun ini.

 

 

 

Kontributor: Rutan Soe

What's Your Reaction?

like
3
dislike
0
love
2
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0