Di Lapas Kalianda, Kadiv PAS Lampung Perkenalkan “Salam Pemasyarakatan”

Di Lapas Kalianda, Kadiv PAS Lampung Perkenalkan “Salam Pemasyarakatan”

Kalianda, INFO_PAS - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Farid Junaedi, melakukan kunjungan perdana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda, Sabtu (30/5). Di Aula Lapas Kalianda, Farid memperkenalkan program baru jajaran Pemasyarakatan, yaitu Salam Pemasyarakatan.”

Ia menjelaskan Salam Pemasyarakatan merupakan program konseling terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dilakukan petugas Pemasyarakatan di lapas. "Ini untuk membangun hubungan positif dengan WBP sebagai klien," tutur Farid.

Ia mengungkapkan teknik konseling terbaik adalah mengeksplor, menangkap pesan utama, dan memberikan empati WBP. "Bagaimana cara mengeksplor dan membuat narapidana bercerita? Kuncinya adalah kita menjadi pendengar setia dan menjembatani permasalahannya," ungkap Farid.

Kepala Lapas Kalianda, Tetra Destorie, sepakat cara terbaik konseling adalah dengan mendengarkan. "Kalau kita memberikan nasihat kepada orang yang terkena masalah, hampir dipastikan tidak bisa diterima dan tidak tergali. Tetapi kalau kita dengarkan, akan tergali uneg-uneg-nya," imbuhnya.

Dengan "Salam Pemasyarakatan,” Tetra yakin WBP akan merasa tenang batinnya menjalani masa hukuman di lapas. "Dalam situasi Coronavirus disease, ‘Salam Pemasyarakatan sangat efektif  membuat WBP menjadi tenang sehingga mempermudah proses pembinaan," tutup Tetra.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan petugas Lapas Kalianda untuk melakukan simulasi konseling antar petugas.

 

 

Kontributor: Muhammad Faza Pandunegoro dan Luthfi Zafran

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0