Dirjenpas Tegaskan Manajemen Media Adalah Kunci Berantas Isu Negatif

 Dirjenpas Tegaskan Manajemen Media Adalah Kunci Berantas Isu Negatif

Tangerang, INFO_PAS – Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, menekankan hubungan masyarakat (humas) memegang peranan penting dalam menentukan persepsi masyarakat terhadap organisasi. Hal ini disampaikan Reynhard dalam kegiatan Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan, Kamis (15/10) di Hotel Atria Gading Serpong.

“Keberadaan humas tentu sangat penting. Kalau tidak ada humas, akan selalu ada pemberitaan negatif dari media,” terang Reynhard.

Ia juga menjelaskan pentingnya membangun komunikasi, baik secara internal maupun eksternal organisasi, yakni sinergi sesuai dengan tiga kunci Pemasyarakatan Maju. “Saya sudah sampaikan bahwa sinergi sangat berpengaruh pada peran komunikasi kita terhadap aparat penegak hukum,” tambah Reynhard.

Selain itu, teknik publikasi dan pemberitaan kepada media juga mendukung dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. “Komunikasi kita kepada media adalah prioritas kita untuk menyampaikan pesan,” ucap Reynhard.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan interpersonal skill bagi seorang public speaker menjadi kunci dalam keberhasilan komunikasi dengan media serta untuk mengantisipasi pemberitaan negatif secara berulang-ulang oleh media. “Interpersonal skill itu perlu, bagaimana cara kita untuk menggaet media. Jadi, perlu pengelolaan media,” tambah Reynhard.

Ia kembali menegaskan pentingnya melakukan deteksi dini dalam tugas pokok dan fungsi Pemasyarakatan. Salah satunya melakukan deteksi dini dan manajemen media sebagai kunci untuk membangun Pemasyarakatan Maju dan membangun marwah Pemasyarakatan sesuai yang dicetuskan founding father Pemasyarakatan, yakni Dr. Saharjo.

Nobody’s perfect, tapi bukan berarti kita diam. Harus ada upaya bagaimana melakukan deteksi dini dan manajemen media demi Pemasyarakatan Maju sesuai dengan apa yang disampaikan Dr. Saharjo tentang Pemasyarakatan,” jelas Reynhard.

Tak lupa, ia mengapresiasi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan atas kerja keras dan dedikasi dalam membangun citra positif Pemasyarakatan. “Terima kasih atas kerja keras dan semangat dalam memberitakan citra positif Pemasyarakatan,” pungkas Reynhard. (O2).

What's Your Reaction?

like
2
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0