Ditjenpas-UNODC Tangani Narapidana Terorisme dengan Pendekatan Disengagement

Ditjenpas-UNODC Tangani Narapidana Terorisme dengan Pendekatan Disengagement

Jakarta, INFO_PAS - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) bekerja sama dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), melakukan kajian terkait penanganan narapidana terorisme melalui pendekatan disengagement. Hal ini disampaikan Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama (Dir. Tikers), Dodot Adikoeswanto, dalamPeluncuran Kajian Praktik-Praktik Menjanjikan terkait Pendekatan Disengagement Berbasis Penjara terhadap Narapidana Kasus Terorisme di Indonesia melalui zoom meeting, Jumat (5/2).

Dodot juga menyampaikan kajian pendekatan disengagement dimulai pada tahun 2019 dimana pada Agustus hingga September 2019 terdapat sembilan lembaga pemasyarakatan (lapas) yang terpilih untuk penanganan narapidana terorisme.

“Kami sudah lakukan kunjungan dan pengumpulan data di sembilan lapas terpilih untuk pembinaan narapidana kasus terorisme,” terang Dodot.

Lebih lanjut, dalam pembahasan tersebut Dir. Tikers menyampaikan balai pemasyarakatan (bapas) memiliki peran penting dalam proses disengagement. Oleh karena itu, pada September 2020 Ditjenpas melakukan pengumpulan data di 12 bapas terpilih secara virtual.

“Selain di lapas, pengumpulan data dilakukan juga di bapas dan tujuh lapas tambahan secara virtual untuk memperkaya data,” tambah Dodot.

Pihaknya juga berharap dengan kerja sama yang dibangun dengan UNODC ini dapat meningkatkan penanganan terhadap narapidana terorisme di Indonesia. “Semoga dapat menjadi referensi bagi negara lain, bagaimana menentukan pendekatan yang sesuai bagi negara masing-masing,” harapnya.

Di pengujung acara, Dodot mewakili Pimpinan Tinggi Ditjenpas dan seluruh jajaran mengucapkan terima kasih kepada tim UNODC dan Ditjenpas yang telah melakukan pengumpulan data sejak tahun 2019 dan terus berlanjut di tengah pandemi sehingga dapat menuangkannya dalam dokumen hasil kajian ini. (O2/prv)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1