Donor Darah di LPP Sungguminasa Gandeng PMI Kota Makassar

Donor Darah di LPP Sungguminasa Gandeng PMI Kota Makassar

Sungguminasa, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Sungguminasa menggelar donor darah sebagai peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2019, Rabu (23/10). Pelaksanaan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Lapas Perempuan Sungguminasa ini tidak hanya dihadiri oleh petugas lapas, tetapi juga Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan. Hadir pula Eem Nurmanah selaku Kepala Bagian Pengembangan Karir Biro Kepegawaian pada Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Taufiqurakhman selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Selatan, serta Rudi Sarjono selaku Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan, Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan.

“Kami ingin membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah sebab darah adalah kehidupan. Setetes darah kita akan menyelamatkan nyawa orang lain,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Lapas Perempuan Sungguminasa, Victor Teguh Prihartono.

Kegiatan diawali dengan mengisi formulir yang disediakan oleh panitia, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan PMI. Setelah semua memenuhi persyaratan, pendonor dipersilakan menjalani proses donor darah oleh petugas PMI.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan karena telah mengajak jajarannya untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya. Jadinya ramai,” tutur Dian, dokter yang melakukan screening kesehatan.

Bagi mereka yang berniat mendonorkan darahnya harus melalui tahapan screening dulu. Pendonor harus memiliki berat badan tidak kurang dari 45 kg, sehat jasmani dan rohani, serta tidak mengkonsumsi obat-obatan. Tidak hanya itu, tekanan darah pendonor harus berada pada angka 100-170 (sistolik) dan 70-100 (diastolik). Kadar hemoglobin darah saat pemeriksaan pun harus berkisar antara 12,5 g% – 17 g%.

Pada kegiatan donor darah hari ini, sebanyak 40 kantong darah diperoleh untuk selanjutnya akan disalurkan kepada yang membutuhkan. Diharapkan pula kerja sama ini dapat berjalan terus agar lebih banyak kebaikan yang bisa dibagi.

 

 

Kontributor: LPP Sungguminasa

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0