Jalin Sinergi, Satgas Kamtib DIY Gelar Apel Siaga Bersama TNI/Polri

Jalin Sinergi, Satgas Kamtib DIY Gelar Apel Siaga Bersama TNI/Polri

Yogyakarta, INFO_PAS – Demi mewujudkan layanan Pemasyarakatan yang PASTI, Pemasyarakatan harus terus membenahi diri. Salah satu kunci untuk mewujudkan Pemasyarakatan Maju menurut Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Reynhard Silitonga, adalah sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

Penegasan tersebut diungkapkan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta, Gusti Ayu Putu Suwardani, saat memimpin secara langsung apel siaga bersama Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban Pemasyarakatan wilayah D.I. Yogyakarta dengan aparat TNI dan Kepolisian dari Kepolisian Resor Sleman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Yogyakarta, Selasa (30/6) malam.

“Apel siaga ini adalah wujud bakti kita kepada negeri dan sebenar-benarnya tugas kita sebagai petugas Pemasyarakatan,” ucap Gusti Ayu.

Ia menyampaikan apel siaga ini adalah tindak lanjut arahan Dirjen PAS yang menekankan upaya pewujudan Pemasyarakatan Maju yang menggarisbawahi upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan narkoba, dan sinergi dengan APH lainnya.

“Pelaksanaan deteksi dini hendaknya tidak dianggap sebagai rutinitas saja. Pencegahan merupakan langkah terbaik untuk menciptakan situasi yang kondusif sehingga bisa meredam pemberitaan dan stigma negatif di masyarakat,” tambah Gusti Ayu.

Menyoroti peredaran gelap narkoba, ia menyayangkan masih maraknya pemberitaan yang menyatakan peredaran narkoba dikendalikan dari dalam lapas. Kadiv PAS berharap jajarannya tidak main-main dengan barang haram tersebut. Ia juga kembali mengingatkan pentingnya komitmen dan integritas seorang petugas Pemasyarakatan. Sanksi berat sudah menanti petugas yang terlibat karena pemberantasan narkoba adalah komitmen Dirjen PAS, bahkan Menteri Hukum dan HAM R.I.

“Kita harus introspeksi. Sudah optimalkah kita dalam bertugas karena Bapak Dirjen PAS kembali mengingatkan kita perihal peredaran narkoba. Terlebih Yogyakarta termasuk dalam peringkat 5 besar tempat peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia,” sambung Gusti Ayu.

Kadiv PAS secara khusus mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kepolisian dan TNI yang hadir dalam apel siaga. Kehadiran mereka merupakan bentuk dukungan terhadap Pemasyarakatan dalam melaksanakan tugas. Selain itu, hal ini merupakan wujud sinergi dan kordinasi yang baik antara Pemasyarakatan dan aparat TNI/Kepolisian.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri. Maka, Dirjen PAS memberi instruksi kepada kita untuk menjalin sinergi dengan APH lain dan mitra kerja dalam menjalankan tugas,” ungkap Gusti Ayu.

Terakhir, Gusti Ayu mengajak seluruh jajarannya untuk meningkatkan kinerja demi kemajuan dan kebaikan organisasi. Ekspektasi masyarakat yang semakin tinggi dan kompleksitas permasalahan di lingkungan Pemasyarakatan tidak akan bisa ditangani jika jajaran Pemasyarakatan hanya berleha-leha. “Kita harus merefleksi diri, apa sumbangsih kita bagi organisasi yang membesarkan kita. Jangan justru memberi dampak negatif. Kita harus menjunjung dan membesarkan Pemasyarakatan,” tutup Gusti Ayu.

 

 

Kontributor: Divisi PAS DIY

What's Your Reaction?

like
2
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0