Kalapas Kuningan Bekali Siswa dengan Materi Kadarkum

Kalapas Kuningan Bekali Siswa dengan Materi Kadarkum

Kuningan, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kuningan terus membuka diri untuk berpartisipasi memberi informasi kepada masyarakat. Salah satunya dengan memberikan materi edukasi kepada siswa/i SMK Negeri 2 Kuningan. Selasa (14/7).

Kepala Lapas Kuningan, Gumilar Budirahayu, didampingi Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kuningan, Erfin Kurniawan, berkesempatan mengisi materi kepada siswa/i SMK Negeri 2 Kuningan bertema “Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah” di Aula SMK Negeri 2 Kuningan. Materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar hukum, tujuan hukum, serta permasalahan dan pelanggaran hukum yang sering terjadi di masyarakat sekitar.

Inti dari penyampaian materi tersebut adalah perlunya penyebaran informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini diperlukan guna mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat sehingga tercipta budaya hukum dalam bentuk tertib dan taat terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Gumilar menekankan pentingnya kadarkum dalam kemajuan bangsa sebagai wadah yang berfungsi untuk menghimpun masyarakat, khususnya remaja siswa/i untuk dapat meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya dengan kemampuannya sendiri. “Masyarakat, dalam hal ini remaja di usia muda, umumnya memiliki tingkat kesadaran hukum yang rendah sehingga akan memicu permasalahan-permasalahan sosial dan hukum di wilayah sekitarnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan pemberian materi kadarkum,” ujarnya.

Usai pemaparan materi, Gumilar juga menjawab pertanyaan para siswa. Ia berharap siswa/i sebagai generasi muda harapan bangsa dapat memiliki karakter dengan wawasan kebangsaan, akhlak, dan budi pekerti yang baik. “Dengan adanya pemberian materi kadarkum ini diharapkan dapat memotivasi dan mendorong siswa/i untuk lebih meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia serta memahami dan menaati hukum yang berlaku,” harpnya.

 

 

Kontributor: Lapas Kuningan

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0