Kasubsi BKA Bapas Pekalongan Jadi Narasumber Pelatihan Paralegal

Kasubsi BKA Bapas Pekalongan Jadi Narasumber Pelatihan Paralegal

Pekalongan, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pekalongan melalui Kepala Subseksi Bimbingan Klien Anak, Adhi Nurcahyo, menjadi salah satu pembicara dalam Pelatihan Paralegal yang diselenggarakan Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Hukum dan Syari'ah IAIN Pekalongan, Selasa (10/11). Kegiatan ini diikuti pelbagai utusan organisasi masyarakat, perangkat desa, serta mahasiswa dari kota dan kabupaten Pekalongan agar memahami fungsi dan tugas sebagai paralegal di setiap daerah tempat tinggal mereka.

Bapas Pekalongan mendapat kesempatan untuk menyampaikan persoalan pendampingan Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), baik secara teoretis maupun implementasi. Adhi memaparkan selama ini regulasi kita telah lama mengatur persoalan peradilan pidana anak yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012, namun tetap perlu ada pengawalan dari Aparat Penegak Hukum, dalam hal ini Bapas Pekalongan, untuk selalu menyampaikan urgensi dari peradilan pidana anak ke publik.

“Karena sosialisasi akan hal ini belum merata, termasuk di wilayah Pekalongan, kegiatan ini adalah langkah yang sangat baik untuk menyebarluaskan informasi tentang peradilan anak sehingga masyarakat dapat benar-benar memahami. Satu hal baik yang disebarluaskan adalah sebuah energi positif bagi tubuh dan pikiran,” ujar Adhi.

Di tempat terpisah, Kepala Bapas Pekalongan, Agus Nugroho, mengatakan kegiatan ini merupakan wujud komitmen Bapas Pekalongan untuk selalu bersinergi dengan lintas organisasi dalam mewujudkan kepastian hukum di tengah masyarakat. “Harapannya dengan kegiatan seperti ini masyarakat lebih dapat memahami signifikansi dari pendampingan ABH,” harapnya.

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan penuh antusiasme serta memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Selain Bapas Pekalongan, narasumber kegiatan ini berasal dari pelbagai instansi, seperti Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan serta Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

 

 

Kontributor: Bapas Pekalongan

What's Your Reaction?

like
2
dislike
0
love
2
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0