Kedatangan Calon Polwan, Ka. KPLP Kelas IIA Tangerang Paparkan Pembinaan WBP

Kedatangan Calon Polwan, Ka. KPLP Kelas IIA Tangerang Paparkan Pembinaan WBP

Tangerang, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tangerang menerima kunjungan empat personel Kepolisian Sektor Tangerang dan tujuh peserta didik Sekolah Calon Bintara (Secaba) Polisi Wanita (Polwan), Kamis (13/2). Kedatangan mereka merupakan syarat dalam orientasi pendidikan Secaba Polwan pada wilayah Pemasyarakatan, yakni pengenalan kondisi dan situasi lapas dengan didampingi pembimbing peserta didik Secaba Polwan, Niken.

 

Pengenalan lapas dilakukan dengan mengelilingi area lapas sekaligus memberikan ilmu Pemasyarakatan kepada mereka di setiap area yang disinggahi. Dipandu Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIA Tangerang, Munadhiroh, ia menjelaskan secara detail kondisi setiap titik persinggahan, seperti di dalam blok, kamar, fasilitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), jenis pembinaan, dan lain sebagainya. 

 

Munadhiroh juga mengajak peserta didik dan pembimbing untuk menyumbang lagu diiringi alunan musik akustik band Lapas Kelas IIA Tangerang, Trallis Band, yang kala itu sedang melakukan latihan mingguan. Suasana suka cita dan santai tercipta ketika peserta didik menampilkan suara emas mereka di hadapan WBP dan petugas Lapas Kelas IIA Tangerang.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan beberapa pelatihan dan bimbingan di Lapas Kelas IIA Tangerang. Hasilnya adalah penyerahan cinderamata kepada peserta Secaba Polwan dari WBP yang bekerja di ruang kegiatan kerja berupa dompet kecil serbaguna 

 

Munadhiroh menerangkan Lapas Kelas IIA Tangerang melaksanakan sistem pelayanan pembinaan WBP berupa pembinaan, pelatihan, sharing, dan hal lainnya yang bersifat positif. Sistem ini tidak “memenjarakan” WBP agar mereka merasa nyaman, aman, dan dilindungi sehingga meminimalisir rasa berontak, takut, dan keinginan untuk melarikan diri.

 

“Semoga pembekalan berupa pengenalan lapas ini bisa memberikan ilmu positif dan manfaat bagi adik-adik,” harap Munadhiroh kepada peserta didik Secaba Polwan.

 

 

 

Kontributor: Chyntia Idha

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0