Kembangkan Hidroponik, Rutan Batang Belajar Langsung dari Ahlinya

Kembangkan Hidroponik, Rutan Batang Belajar Langsung dari Ahlinya

Batang, INFO_PAS – Rombongan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang yang dipimpin Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Dhoni Arib Setyawan, berkesempatan melihat secara langsung proses pembuatan dan pemeliharaan budidaya sayuran sistem hidroponik dari petani hidroponik di Desa Subah Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Kamis (9/7). Hal ini dilakukan untuk mengembangkan budidaya hidroponik di Rutan Batang.

Dengan media paralon, tampak ratusan sayuran berjajar rapi tumbuh dengan subur. Aneka sayuran ditanam di lahan yang memanfaatkan pinggir jalan tersebut mulai dari pokcoy, sawi, selada, dll.

Kami sudah mulai mencoba membuat hidroponik di lahan asimilasi yang dilakukan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP bekerja sama dengan komunitas Batang berkebun. Kami ingin mendapatkan banyak ilmu dan informasi tentang hidroponik langsung dari ahlinya," tutur Dhoni.

Petani hidroponik yang ditemui, Agus Salim, menuturkan awalnya ia membuat hidroponik sekadar hobi. Lama-kelamaan, karena menguntungkan, ia mengajak warga sekitar untuk ikut berbudidaya hidroponik. “Masyarakat jadi tertarik dan memanfaatkan sepanjang pinggiran jalan untuk budidaya hidroponik,” terangnya.

 Di tempat terpisah, Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana, menjelaskan pihaknya sedang mencangkan program go green Rutan Batang untuk mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah. "Kami mencanangkan go green Rutan Batang dengan memaksimalkan pemanfaatan lahan di lingkungan rutan dengan tanaman produktif, termasuk dengan sistem hidroponik,” jelasnya.

Tak heran bila saat ini lahan di lingkungan Rutan Batang dimanfaatkan dengan menanam tanaman melati, sayuran, dan perikanan. Ada pula peternakan domba dan ayam yang ikut melengkapi program go green Rutan Batang.

“Semoga program go green Rutan Batang bisa bermanfaat bagi WBP dan masyarakat sekitar,” harap Rindra.

 

 

Kontributor: Rutan Batang

 

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0