Kementerian PPPA Puji Sarana Prasana di LPKA Kutoarjo

Kementerian PPPA Puji Sarana Prasana di LPKA Kutoarjo

Kutoarjo, INFO_PAS – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo mendapat apresiasi positif dari tiga perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), khususnya terkait sanitasi, fasilitas layanan Anak, dan adanya sarana pencegahan Coronavirus disease. Mereka adalah Fitra Ardeba Sugiyono selaku Perencana Ahli Muda pada Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan serta M. Taufan Arifin dan Galang Armada Jala selaku Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

“Secara umum LPKA Kutoarjo telah berubah semakin baik,” puji Fitra kala menyambangi LPKA Kutoarjo, Jumat (18/12).

Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu perwakilan Kementerian PPPA juga pernah mengunjungi LPKA Kutoarjo. Kali ini, mereka kembali berkunjung dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak di LPKA Kutoarjo.

Ketiganya disambut Kepala LPKA Kutoarjo, Herastini, seraya menjelaskan pihaknya telah berbenah dan berubah lebih baik lagi dari sebelumnya. “Meskipun menempati bangunan peninggalan Belanda, namun bukan berarti tidak bisa ramah Anak sama sekali. Sarana fisik telah disulap sedemikian rupa sehingga lebih bersih dan ramah Anak dengan wisma hunian Anak dilukis estetik tentang edukasi pelestarian lingkungan alam flora dan fauna. Sarana pendidikan Anak juga telah ada penambahan laboratorium komputer untuk melatih kemampuan komputer, desain grafis dan Bahasa Inggris,” terangnya.

Selanjutnya, perwakilan Kementerian PPPA melakukan wawancara langsung terhadap 30 Anak LPKA Kutoarjo secara kolektif tentang pemberian hak-hak Anak, kebutuhan yang diperlukan, dan masukan bila ada kelanjutan program yang sama tahun depan. Wawancara terhadap Anak dilakukan di Aula Sahardjo LPKA Kutoarjo didampingi petugas pembinaan.

Ketiganya didampingi Kepala Seksi Pembinaan LPKA Kutoarjo juga meninjau kegiatan pembinaan Anak, seperti kegiatan sekolah, kesenian karawitan, latihan musik band, dan latihan keterampilan produksi pembuatan masker kain. Anak LPKA Kutoarjo pun mendapat cinderamata berupa baju koko, handuk, peralatan tulis sekolah, dan jaket yang diterima secara langsung oleh Kepala LPKA Kutoarjo.

 

 

Kontributor: LPKA Kutoarjo

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0