Lagi! 60 Narapidana Pidana Tinggi Dipindahkan ke Lapas Maximum Security

Lagi! 60 Narapidana Pidana Tinggi Dipindahkan ke Lapas Maximum Security

Tangerang, INFO_PAS - Sebanyak 60 narapidana dengan hukuman pidana tinggi, seumur hidup, dan mati dengan mayoritas kasus narkotika dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Selasa (22/9) malam. Sebanyak 30 narapidana dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu Nusakambangan yang merupakan Lapas Super Maximum Security dan 30 lainnya ditempatkan di Lapas Kelas IIA Cilegon.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, mengatakan langkah ini menjadi sinyal tegas bahwa ia serius melakukan upaya deteksi dini terhadap hal-hal yang bisa menjadi ancaman dan gangguan di lapas. "Kita kawal dan awasi terus hal yang bisa jadi ancaman di lapas. Ini untuk mengurangi gangguan keamanan dan ketertiban," tegas Reynhard.

Hal ini menegaskan kembali bahwa Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) tidak main-main dan berkomitmen penuh dalam pelaksanaan program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba atau P4GN yang dicanangkan pemerintah.

Senada dengan Reynhard, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Banten, R. Andika Dwi Prasetya, menuturkan pemindahan yang dilakukan merupakan atensi dari pimpinan dalam menimbulkan rasa aman di lapas dan demi keberlangsungan pembinaan yang baik bagi narapidana. Andika menyebutkan atas dasar itulah ia bersama jajarannya langsung berkoordinasi dengan pihak lapas dan Kepolisian Resor Tangerang untuk menyiapkan pemindahan tersebut.

"Ada atensi pimpinan. Ini tujuannya juga baik. Saya dan jajaran langsung menindaklanjutinya," jelasnya seraya mengungkapkan ini menjadi langkah dalam menjaga keseimbangan hunian di lapas dan rumah tahanan negara (rutan) sehingga akan terjamin kondisi lapas dan rutan yang kondusif, aman, dan tertib.

Pemindahan tersebut merupakan tahap pertama dari beberapa tahap rencana pemindahan. Akan ada ratusan narapidana lainnya yang dipindahkan ke lapas dengan pengaman super maksimum. Beberapa waktu sebelumnya, Ditjenpas juga telah melakukan pemindahan ratusan narapidana tindak pidana narkotika dengan hukuman tinggi dari pelbagai lapas di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat ke Lapas Super Maximum Security dan Lapas Maximum Security di Nusakambangan. (Adt)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0