Lapas Kuningan Ciptakan Inovasi “Narapidana Panen Jamur”

Lapas Kuningan Ciptakan Inovasi “Narapidana Panen Jamur”

Kuningan, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kuningan menciptakan inovasi baru “Narapidana Panen Jamur” (NAPIJAM) dalam kegiatan bimbingan kerja, yaitu budidaya jamur. Kegiatan NAPIJAM bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan Pengolahan Hasil Hutan Cirebon Jawa Barat sejak Januari 2020.

Narapidana Lapas Kuningan dilatih budidaya jamur tiram mulai dari pembuatan rak dan media tanam, pembuatan dan penanaman bibit, proses pemeliharaan jamur, hingga pengelolaan hasil panen. Untuk mendapatkan jamur yang berkualitas dan siap bersaing dipasaran, Lapas Kuningan melakukan perawatan khusus dengan tetap melakukan kontrol dan pemeliharaan setiap hari dan berkesinambungan.

Kepala Lapas Kuningan, Gumilar Budirahayu, menjelaskan hingga saat ini budidaya jamur tiram sudah menghasilkan produk dan telah dipanen setiap hari. “Hasil panen rata-rata 3-5 kg. Pemasarannya pun sudah mulai meluas dari permintaan pasar yang dipromosikan melalui media sosial atau dari mulut ke mulut,” terangnya, Sabtu (20/6).

Selanjutnya, produk yang dipasarkan diberi nama “Jamur Inshaallah Berkah” atau JAMILAH dengan harapan produk akan membawa berkah bagi narapidana maupun untuk kemajuan Lapas Kuningan.

"Melalui kegiatan ini kami mendukung salah satu Resolusi Pemasyarakatan dalam hal ketahanan pangan. Maka, kami sangat antusias dalam melakukan pelatihan dalam bidang ini serta kegiatan lainnya,” pungkas Gumilar.

 

 

Kontributor: Lapas Kuningan

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0