Lapas Palangka Raya & Lapas Muara Teweh Bersihkan Lingkungan & Bakery

Lapas Palangka Raya & Lapas Muara Teweh Bersihkan Lingkungan & Bakery

Palangka Raya, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Palangka Raya melakukan pembersihan bakery lapas, Sabtu (30/5). Rencananya, bakery Lapas Palangka Raya akan dibuka kembali Selasa (2/6) usai tutup sementara akibat Coronavirus disease (COVID-19).

Pembersihan bakery Lapas Palangka Raya dipantau staf kegiatan kerja, Emmylia. Selain itu, barang-barang yang lama tidak terpakai juga turut dibersihkan dan dijemur.

Kepala Lapas (Kalapas) Palangka Raya, Syarif Hidayat, menyampaikan kegiatan bersih-bersih merupakan hal penting yang dilakukan setelah meninjau kondisi bakery Lapas Palangka Raya sebagai salah satu persiapan new normal di Kota Palangka Raya. “Kami ingin memastikan tempat tersebut selalu bersih, rapi, dan nyaman," ungkap Syarif. 

Kegiatan bersih-bersih juga dilakukan di Lapas Muara Teweh. Petugas Lapas Muara Teweh dan sebagian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pekerja kebersihan luar melaksanakan kerja bakti di lingkungan kantor agar terjaga kebersihan dan kerapiannya. Hal ini untuk memupuk rasa kebersamaan dan saling memiliki sehingga menimbulkan aura positif, menambah gairah bekerja, serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Kalapas Muara Teweh, Sarwito menyampaikan kegiatan ini rutin setiap dua pekan sekali untuk mewujudkan lingkungan lapas yang asri dan nyaman serta mempererat silaturahmi, baik sesama petugas maupun petugas dengan WBP. "Kalau kantor kita bersih, indah, dan rapi, pastinya akan membuat nyaman dalam bekerja. Masyarakat pun melihatnya akan bagus. Sebaliknya, jika lingkungan kantor kurang bersih, akan mencerminkan pelayanan yang kurang baik," imbuh Sarwito.

Tak hanya itu, penyemprotan disinfektan tiap pekan pun dilakukan sebagai pencegahan COVID-19 di Lapas Muara Teweh. “Ini salah satu upaya kami dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di lapas,” terang Perawat Mahir Lapas Muara Teweh, Frans Sudarna.

Sebelumnya, Lapas Muara Teweh telah menerapkan protokol kesehatan, yakni screening suhu, selalu cuci tangan dengan sabun, serta tubuh, pemberian multivitamin dan masker kepada petugas maupun WBP, serta imbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kamar hunian WBP.

 

 

 

Kontributor: Laps Palangka Raya, Lapas Muara Teweh

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0