Lapas Pangkalan Bun Siapkan Pertemuan PIPAS se-Kalteng di Istana Kuning

Lapas Pangkalan Bun Siapkan Pertemuan PIPAS se-Kalteng di Istana Kuning

Pangkalan Bun, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pangkalan Bun yang diwakili Kepala Lapas, Kusnan, beserta isteri, dan jajarannya mengunjungi salah satu istana terkenal di Pangkalan Bun, yaitu Istana Kuning, Sabtu (11/1). Mereka disambut hangat tokoh yang paling disegani di Kotawaringin Barat, yaitu Pangeran Muasjidin Syah.

Kusnan dan rombongan dibawa berkelilng melihat peninggalan Kesultanan Kutaringin yang masih ada di istana tersebut. “Saya merasa senang berada di istana ini. Selain bangunannya masih sangat terjaga, kami pun sangat bangga karena disambut dengan sangat ramah oleh Pengeran Kotawaringin,” ucap Kusnan.

Ia menjelaskan tujuan kunjungan ini merupakan salah satu bentuk silaturahmi dengan pihak kesultanan di Istana Kuning. Selain itu juga berkaitan dengan akan diadakanya Pertemuan Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) seluruh Kalimantan Tengah.

“Kami ingin melaksanakan pemantapan persiapan dan melakukan koordinasi dengan pihak kerajaan berkaitan dengan penyambutan yang menggunakan adat Kesultanan Kutaringin,” tambah Kusnan.

Ia menuturkan dengan dipilihnya Pangkalan Bun sebagai tuan rumah pertemuan PIPAS se-Kalimantan Tengah, pihaknya mulai mempersiapkan apa saja yang diperlukan saat acara berlangsung, termasuk lokasi pelaksanaan. Kusnan menilai Istana Kuning cocok sebagai tempat pertemuan tersebut.

“Selain sebagai ajang untuk memperkenalkan kebudayaan Kotawaringin Barat, lokasi ini pun cocok untuk menambah wawasan serta mempelajari sejarah di salah satu istana Kotawaringin Barat,” pungkas Kusnan.

 

 

 

 

Kontributor: Lapas Pangkalan Bun

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0