Lewat Sentuhan Napi Bertato, Tayo dan Upin-ipin Bisa “Mejeng” Di Lapas Tuban

Lewat Sentuhan Napi Bertato, Tayo dan Upin-ipin Bisa “Mejeng” Di Lapas Tuban

Tuban, INFO_PAS – Menengok bengkel kerja Lapas Kelas IIB Tuban, banyak narapidana beragam motif tato di badan dan lengan sedang sibuk membuat gulungan, Rabu (29/01). Pantauan INFO_PAS gulungan tersebut terbuat dari koran bekas yang dilekatkan dengan lem kayu. Perlahan tapi pasti gulungan kertas tersebut menjadi batangan lurus yang kaku yang siap dibentuk oleh tangan-tangan bertato. Tampak replika kapal phinisi, celengan dengan motif kartun Tayo, Doraemon, hingga Upin-upin dipamerkan di dinding ruangan. Dari dekat terlihat Kepala Subsi Kegiatan Kerja Sukarto mengawasi mereka bekerja.

Menurut Sukarto pada narapidana tersebut sedang membuat kerajinan tangan yang berbahan dari kertas koran bekas. Hasil kerajinan bisa menjadi replika kapal phinisi, celengan, hingga hiasan dinding.

“Sementara hasil kerajinan dipasarkan dari internal, bisa lewat kunjungan atau mungkin kalau sudah ada galeri di depan kita bisa pajang,” pungkas pria kelahiran Lamongan.

Dia menuturkan bengkel kerja Lapas Tuban bekerja dengan sistem kelompok kerja. Kelompok kerja tersebut mengerjakan berbagai kegiatan kerja seperti elektro, keset serabut, hingga ukiran kayu. Sukarto pun berharap bisa mengingkatkan PNBP melalui karya warga binaan.

“Kita bentuk kelompok kerja dan semoga dengan adanya program Resolusi Pemasyarakatan agar meningkatkan PBNP,” ujarnya.

Sementara itu dia menjelaskan bahwa yang paling menghasilkan adalah kerajinan dari tas berkat, dan keset serabut karena telah memiliki pasar sendiri. Untuk keset Lapas Tuban sedang mengerjakan  pesanan dari SDN Sendang Harjo yang harga per keset bisa mencapai Rp60.000. ** (FN)

 

Kontributor: Lapas Tuban

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0