WBP Rutan Masohi Diajak Meneladani Sifat Rasulullah

WBP Rutan Masohi Diajak Meneladani Sifat Rasulullah

Masohi, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Masohi menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama seluruh petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu (16/11) lalu. Bertempat di Aula Rutan Masohi, turut hadir Pelaksana Harian Kepala Rutan Masohi, yakni La Sanudin yang menjabat Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Akmal M. Nur selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Masohi, Dahlan Gai, didampingi stafnya Rafiudin, serta Penyuluh Kerohanian Muslim Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah, Almuqarom Ustaz Sabtu. 

Dalam sambutannya, La Sanudin mengatakan melalui momentum peringatan Maulid Nabi ini kita semua harus dapat menjadikan Rasulullah sebagai teladan. Bukan sekadar ucapan, tetapi meneladani sifat-sifat terpuji Rasulullah dan mengimplementasikannya dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas sehari-hari.

"Semoga momentum Maulid Nabi Muhammad SAW membuat kita sadar kasih sayang dan pengorbanan Rasulullah, lalu kita pun mencintai Nabi, mengikuti, dan meneladaninya. Semoga kita selalu mendapatkan syafaat dari Baginda Rasulullah SAW," harapnya. 

Ia pun berharap setelah keluar dari sini WBP dapat berbuat baik sesuai dengan yang diharapkan. “Selama teman-teman WBP menjalani masa pidana di rutan, kami terus memberikan pembinaan kerohanian melalui program-program dengan pendekatan keagamaan," tambah La Sanudin.

Tema yang diusungkan dalam Maulid Nabi 1441 Hijriah kali ini adalah "Publik Figur Itu Adalah Muhammad SAW, Maka Mari Membumikan Ketauladanan Rasulullah ke Seluruh Aspek Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara.”

Almuqarom Ustaz Sabtu dalam ceramahnya mengajak seluruh hadirin, khususnya WBP, agar mencintai Nabi Muhammad SAW dengan cara memperbanyak salawat dan meneladani sifat-sifat Rasulullah, antara lain sifat jujur. Hal tersebut harus ditanamkan pada diri para WBP Rutan Masohi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ia juga berpesan kepada penghuni rutan dan petugas agar mempunyai sifat amanah dalam menjalankan tugas dan amanah kepada sesama umat, serta bisa menjadi suri teladan yang harus ditanamkan dalam diri umat, yakni sifat tabligh dan menyampaikan hal-hal yang baik. "Kita harus mempunyai sifat amanah dan bisa menyampaikan hal-hal yang baik. Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat memupuk mental agama seluruh penghuni Muslim di rutan ini," ucap Ustaz Sabtu. 

Selain cemamah, acara yang juga diisi dengan pembacaan kalam illahi, saritilawah, zikir, dan salawat ini mendapatkan antusiasme tinggi dari WBP Rutan Masohi. Seluruh peserta pun terlihat begitu khusyu saat memanjatkan doa serta mengikuti ceramah. Tak hanya suasananya, WBP Rutan Masohi juga terlihat jauh lebih santun dan sopan lewat busana Muslim yang dikenakan.

 

 

Kontributor: Rutan Masohi

What's Your Reaction?

like
2
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0