Pimpin Salam Pemasyarakatan dan Sidak Lapas Kotaagung, Kadivpas Lampung: Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif

Pimpin Salam Pemasyarakatan dan Sidak Lapas Kotaagung, Kadivpas Lampung: Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif

Kotaagung, INFO_PAS – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Farid Junaedi, pimpin inspeksi mendadak (sidak) kamar hunian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung, Rabu (21/10). Sejumlah barang temuan yang tidak sesuai ketentuan peraturan selanjutnya diamankan. Barang-barang tersebut selanjutnya didata dan dibuat laporan.

Selain sidak, dilaksanakan pula Salam Pemasyarakatan yang merupakan inisiasi Farid Junaedi dalam melakukan pendekatan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Melalui Salam Pemasyarakatan, dilakukan pendekatan secara psikologis sehingga dalam proses pembinaan WBP tidak merasa tertekan.

“Dengan adanya Salam Pemasyarakatan dan penunjukan wali Pemasyarakatan, diharapkan petugas dapat membaca keadaan WBP dan situasi lapas sehingga proses pembinaan dapat berjalan dengan baik,” jelas Farid.

Didampingi Kepala Lapas (Kalapas) Kotaagung, Beni Nurrahman, Kadivpas turut memberikan pembinaan dan penguatan bagi petugas lapas. “Maksimalkan kegiatan Salam Pemasyarakatan dalam melakukan pembinaan terhadap WBP. Dengan cara itu kita sebagai petugas Pemasyarakatan dapat melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban, serta melakukan perencanaan pembinaan bagi WBP,” terang Farid.

Senada dengan Kadivpas, Kalapas Kotaagung menambahkan pesan bagi jajarannya untuk melaksanakan kegiatan Salam Pemasyarakatan dengan baik. “Menjadi wali yang sebenar-benarnya bagi WBP dan tetap menegakkan dan menaati peraturan-peraturan yang telah ditetapkan agar tercipta situasi lapas yang aman dan kondusif,” kata Beni.

Kegiatan Salam Pemasyarakatan akan terus dilakukan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Lapas Kotaagung dalam memerangi peredaran gelap narkoba serta deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban. Kegiatan pembinaan juga akan terus ditingkatkan untuk membentuk pribadi WBP yang nantinya siap kembali ke masyarakat.

 

 

Kontributor: Johansyah

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0