PK Bapas Terbitkan Buku Kapita Selekta Pemasyarakatan

PK Bapas Terbitkan Buku Kapita Selekta Pemasyarakatan

Pontianak, INFO_PAS - Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang tersebar di seluruh Indoensia menerbitkan buku berjudul "Kapita Selekta Pemasyarakatan" pada peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-56, Senin (27/4). Jumlah penulis yang terlibat dalam penyusunan buku ini berjumlah 19 PK dari pelbagai wilayah di Indonesia.

Karya yang dibuat PK ini bekerja sama dengan Penerbit IDE Publishing. Disusun dalam waktu satu minggu, buku tersebut berisi 33 tulisan yang membahas Pemasyarakatan dari pelbagai sisi, terutama pemikiran Sahardjo, pencetus gagasan Pemasyarakatan.

Ini adalah bukti dalam waktu yang relatif singkat sekaligus bekerja sama secara jarak jauh, PK Indonesia mempunyai kreativitas. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan dalam mengimplementasikan gagasan dalam bentuk karya yang nyata. Menurut salah satu tim penerbitan yang berasal dari Balai Pemasyarakatan Pontianak, Wahyu Saefudin, karya ini adalah bentuk kontribusi PK untuk Pemasyarakatan.

“Apa yang kami tulis adalah upaya untuk melestarikan tradisi literasi di Pemasyarakatan maupun di Kementerian Hukum dan HAM secara umum. Selain itu, ini adalah bentuk kontribusi kami sebagai petugas pemasyarakatan, yakni harus menunjukkan pelbagai sisi positif yang kami miliki,” jelas Wahyu.

Melalui tulisan yang mereka tuangkan dalam buku ini, PK Indonesia berharap konsep Pemasyarakatan bisa dipahami lebih mendalam. Tidak hanya oleh insan Pemasyarakatan, namun oleh khalayak umum.

“Kami berharap masyarakat dapat memperoleh pemahaman akan konsep Pemasyarakatan secara menyeluruh sehingga dapat meredam asumsi negatif publik, khususnya berkaitan dengan pelaksanaan asimilasi di rumah yang baru-baru ini ramai menjadi pemberitaan,” tambah Wahyu.

Lebih jauh lagi, PK Indonesia berharap karya ini dapat memacu minat literasi di kalangan Aparatur Sipil Negara yang saat ini masih minim. Untuk itu, karya ini sengaja dibagikan secara gratis via aplikasi Google Books sehingga bisa dengan mudah diunduh melalui gawai setiap orang yang ingin menikmatinya. Apabila anda berminat untuk membacanya, bisa mengakses melalui https://bit.ly/Kapitaselektapas

 

 

Penulis: Mirna Fitri Nur CD

What's Your Reaction?

like
3
dislike
0
love
5
funny
1
angry
0
sad
0
wow
2