Pulangkan WBP Asimilasi, Lapas Kalianda Gandeng Polres Lampung Selatan

Pulangkan WBP Asimilasi, Lapas Kalianda Gandeng Polres Lampung Selatan

Kalianda, INFO_PAS - Sebanyak 30 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda dapat pulang ke rumah karena mereka mendapatkan hak asimilasi di rumah, Jumat (24/4). Pada kegiatan tersebut, Lapas Kalianda juga membagikan 30 masker kepada WBP yang menjalani asimilasi di rumah sebagai bentuk pencegahan penyebaran Coronavirus disease (COVID-19).

 

Kepala Lapas Kalianda, Tetra Destorie, menjelaskan pihaknya bersama jajaran Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan bersinergi atas pemulangan WBP yang menjalani asimilasi di rumah. "Kami bersinergi dalam pemulangan WBP bersama Polres Lampung Selatan. Kami penuhi hak asimilasinya, kami edukasi, lalu kami bagikan masker agar tidak tertular COVID-19 ketika di rumah karena mereka dari sini dalam kondisi steril," jelas Tetra.

 

Selain itu, pihak polres juga membagikan sembilan bahan pokok (sembako) serta memastikan dan mengantarkan para WBP sampai di rumah. Untuk itu, Terta berharap sinergi ini dapat berjalan lancar, WBP sampai ke rumah untuk menjalankan isolasi mandiri, serta tidak lagi mengulangi kesalahan mereka.

 

"Harapannya kita terus bersinergi. Kita kawal proses asimilasi ini sampai berhasil dengan catatan tidak ada tindak pidana yang dilakukan WBP yang diasimilasikan," harap Tetra.

 

Dalam kegiatan ini, Kepala Polres Lampung Selatan, AKBP Edi Purnomo, turun langsung memantau proses pemulangan WBP Lapas Kalianda, mulai dari pendataan, membagikan sembako, hingga mengantarkan para WBP sampai di rumah. Ia mengatakan manfaat asimilasi di rumah adalah untuk memutuskan mata rantai COVID-19 yang melanda Indonesia.

 

"Asimilasi ini merupakan pemutus jaring pencegahan COVID-19. Diharapkan kepada para WBP langsung pulang ke rumah isolasi diri," pesan Edi.

 

Ia pun mengharapkan keterampilan yang didapat WBP di Lapas Kalianda diterapkan di rumah serta tidak melakukan pelanggaran hukum lagi. “Nanti keterampilan-keterampilan yang didapat di Lapas Kalianda diterapkan di rumah. Mudah-mudah perilakunya juga lebih baik karena telah dibina,” lanjut Edi.

 

Maka, pihaknya membagikan sembako sebagai wujud kepedulian Polres Lampung Selatan terhadap WBP yang berpotensi terdampak wabah COVID-19 saat menjalankan asimilasi di rumah. “Pembagian ini mudah-mudahan dapat meringankan beban WBP saat di rumah," tutup Edi.

 

 

 

Kontributor: Lapas Kalianda

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0