Rutan Ambon Kembali Terima Tahanan A.III dari Kejari

Rutan Ambon Kembali Terima Tahanan A.III dari Kejari

Manado, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon kembali menerima tahanan A.III dari Kejaksaan Negeri (Kejari), Sabtu (27/6). Sebanyak 30 tahanan yang terdiri dari 21 tahanan Kejari Ambon dan sembilan tahanan Kejari Maluku Tengah dikirim ke Rutan Ambon dengan pengawalan kepolisian.

Menurut Kepala Rutan Ambon, Wahyu Nurhayanto, pengiriman tahanan ini merupakan lanjutan dari 37 tahanan yang telah dikirim Rabu (24/6) lalu. Ia menegaskan tahanan yang dikirim ke Rutan Ambon harus benar-benar tahanan A.III dan disertakan hasil rapid test non reaktif dari Gugus Tugas Coronavirus disease (COVID-19).

“Kami mengacu pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-PK.01.01.01-750 Tahun 2020. Jadi, yang bukan tahanan A.III tidak diterima,” ucap Wahyu.

Proses pemindahan tahanan disaksikan langsung Kepala Kejari Maluku Tengah, Juli Isnur. “Kami pastikan tahanan yang dikirim sudah sesuai permintaan dari pihak rutan, yaitu tahanan A.III. Selain itu, kami juga melampirkan hasil rapid test sebagai kelengkapan pemberkasan," terang Juli.   

Protokol kesehatan tetap diutamakan dalam proses pemindahan tahanan, mulai dari mencuci tangan, masuk ke dalam bilik sterilisasi, pengukuruan suhu tubuh, hingga pemeriksaan kesehatan oleh petugas klinik Rutan Ambon. Selanjutnya, seluruh tahanan akan dikarantina selama 14 hari ke depan sesuai dengan protokol kesehatan dimana petugas rutan akan selalu memantau pergerakan mereka agar tidak keluar atau berkomunikasi dengan penghuni rutan lainnya demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Rutan Ambon.

 

 

Kontributor: Herry Waikero

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0