Rutan Batang Peduli Kebersihan Lingkungan

Rutan Batang Peduli Kebersihan Lingkungan

Batang, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Batang menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Pada Jumat (16/10) Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana, serta sejumlah petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bekerja bakti membersihkan sampah hasil pemangkasan pohon di sepanjang Jl. Gajah Mada Kabupaten Batang.

Pemangkasan pohon tersebut dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Batang untuk mewaspadai datangnya musim penghujan. “Kami lakukan kerja bakti untuk memperingati Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020 sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat,” tutur Rindra.

Selain itu, Rindra bermaksud mengenalkan WBP kepada masyarakat dengan terjun langsung ke masyarakat. “WBP merupakan bagian dari masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengenalan WBP kepada masyarakat agar bisa diterima kembali dan mengubah citra negatif Pemasyarakatan,” tambahnya.

Sampah sisa penebangan pohon tersebut tidak dibuang begitu saja oleh pihak rutan, namun akan dimanfaatkan sebagai bahan baku pupuk organik. “Sampah daun ini akan kami gunakan sebagai bahan baku pupuk organik,” sambung Rindra.

Saat ini, Rutan Batang telah memproduksi beberapa karya WBP, seperti pupuk organik dari bahan sampah daun. Pupuk tersebut, selain digunakan sendiri untuk kegiatan pertanian di lahan asimilasi, juga dijual ke masyarakat. Pemasaran produk WBP langsung ke masyarakat melalui bazar setiap Minggu pagi di Alun-Alun Kabupaten Batang.

Selain kegiatan bakti lingkungan, rencananya Rutan Batang juga akan melaksanakan bakti sosial dengan memberikan santuan kepada panti asuhan Sabtu (17/10). “Semoga semua kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harap Rindra.

 

 

Kontributor: Amien

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0