Rutan Buntok Kembangkan Keterampilan Pertukangan

Rutan Buntok Kembangkan Keterampilan Pertukangan

Buntok, INFO_PAS - Menjalani masa pidana tidak membatasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Buntok untuk berkarya. Selama menjalani hukuman pidana, WBP tidak hanya diam menunggu hukumannya saja, namun mereka bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan pembinaan yang ada di rutan.

Selain membuat kerajinan tangan menggunakan bahan perca, WBP juga diberikan keterampilan pertukangan perkayuan, seperti membuat meja, kursi, miniatur khas suku Dayak, dan lain-lain. WBP yang cekatan dalam pembuatan kerajinan tangan itu dalam pembuatannya membutuhkan sekitar 2-3 pekan, tergantung jenis barang dan kerumitan pembuatannya.

“WBP kami berikan wadah untuk mengembangkan keterampilan dan keahliannya berupa bengkel kerja, seperti pertukangan perkayuan dengan melayani jasa pertukangan jika ada konsumen yang ingin membuat meja, kursi, hiasan, dan lain-lain berbahan dasar kayu,” terang pembina kemandirian, Junaidi, Selasa (17/11).

“Dari hasil olahan tersebut, kami masukkan menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak dan biaya perawatan peralatan pertukangan yang ada,” tambahnya.

Selain untuk mengembangkan keterampilan, diharapkan juga keterampilan ini dapat menjadi modal serta keahlian bagi WBP untuk memenuhi kehidupannya setelah selesai menjalani masa pidana nanti.

 

 

Kontributor: Rutan Buntok

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0