Rutan & Lapas di Maluku Bersiap Terima Tahanan & Narapidana Baru

Rutan & Lapas di Maluku Bersiap Terima Tahanan & Narapidana Baru

Ambon, INFO_PAS - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka, didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri, menerima kunjungan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol. Baharudin Djafar, Jumat (19/6). Kunjungan ini merupakan wujud sinergi tugas dan fungsi di tengah pandemi Coronavirus disease (COVID-19).

Ketiganya membahas kerja sama relokasi tahanan kepolisian ke rumah tahanan negara (rutan) atau lembaga pemasyarakatan (lapas) guna mencegah penularan COVID-19 karena sebagian besar sel di kepolisian resor maupun kepolisian sektor tidak memadai untuk menampung tahanan jika menerapkan standar kesehatan pencegahan COVID-19. “Kami berharapa para tahanan dapat dipindahkan ke Rutan Ambon,” harap Kapolda.

Ia menegaskan jajarannya siap memenuhi administrasi yang diperlukan dalam relokasi tahanan sehingga sehingga semua lini bisa dimaksimalkan untuk memotong pergerakan COVID-19 di Maluku, terkhusus bagi tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Tahanan dan narapidana yang dapat diterima di rutan/lapas adalah tahanan yang telah berada pada tingkat A3 atau pemeriksaan pada pengadilan negeri serta narapidana yang telah memiliki kekuatan hukum,” jelas Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, seraya menyampaikan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-PK.01.01.01-750 tentang Penerimaan Tahanan Pengadilan.

Untuk mengkoordinasikan hal tersebut, pada hari yang sama Kakanwil Maluku dan Kalapas Ambon juga menyambangi Sekretaris Daerah Provinsi MalukuKasrul Selang, selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku. Pertemuan tersebut guna membicarakan pelaksanaan rapid test bagi tahanan/narapidana pengadilan yang akan dipindahkan ke lapas atau rutan di Maluku.

“Mohon bantuan untuk memfasilitasi rapid test bagi tahanan yang sudah inkracht putusannya untuk dipindahkan ke lapas sehingga rutan bisa kosong dan bisa menampung tahanan baru dari kepolisian yang tentunya akan dipisahkan dari tahanan yang ada,” pinta Kakanwil.

Sementara itu, Kalapas Ambon, Saiful Sahri, menjelaskan pihaknya telah mempersiapkan  sejumlah kamar hunian sebagai ruangan isolasi bagi narapidana yang akan dipindahkan ke Lapas Ambon. “Kami telah menyiapkan tiga kamar hunian yang nantinya akan digunakan sebagai ruangan isolasi bagi narapidana yang akan dipindahkan ke Lapas Ambon,” terangnya.

 

 

Kontributor: Arwin Retob

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0