Sejumlah UPT Pemasyarakatan Gelar Kegiatan Donor Darah

Sejumlah UPT Pemasyarakatan Gelar Kegiatan Donor Darah

Kotaagung, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kotaagung berkolaborasi mengadakan donor darah bagi petugasnya, Senin (26/10). Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pringsewu, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020.

Kegiatan donor darah dibuka Kepala Rutan (Karutan) Kotaagung, Akhmad Sobirin Soleh. Hadir pula Kepala Lapas (Kalapas) Kotaagung, Beni Nurrahman, serta Tim Medis PMI Cabang Pringsewu yang diketuai dr. Nala.

Sobirin mengatakan aksi donor darah adalah wujud kepedulian sosial petugas Pemasyarakatan pada kemanusiaan. “Donor darah tentunya sangat bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan dan untuk pendonor juga berefek baik bagi kesehatan,” terang Karutan.

Sobirin juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Medis PMI Cabang Pringsewu yang telah bersedia memfasilitasi jalannya kegiatan donor darah meskipun di tengah pandemi.

Sementara itu, Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman, yang turut berpartisipasi mendonorkan darahnya menjelaskan kegiatan ini diikuti 40 petugas dimana mereka harus melalui pengecekan kesehatan meliputi tekanan darah, riwayat sakit dan kesehatan, serta pengetesan golongan darah.

"Ada 40 petugas ikut pengecekan darah awal, tapi setelah dicek ternyata ada beberapa orang yang tidak dapat mengikuti donor darah dikarenakan kondisi kesehatan. Selain itu, ada yang berat badannya kurang, ada juga yang tensi darah rendah, maka mereka tidak dibolehkan untuk mendonorkan darahnya,” ujar Beni.

Salah satu petugas Rutan Kotaagung, Bayu, mengatakan dirinya sangat senang dengan diadakannya kegiatan tersebut. "Awalnya deg-degan, ada rasa takut sedikit, tapi saya pikir pasti manfaatnya bagus untuk kesehatan serta membantu kemanusiaan dan orang-orang yang membutuhkan darah. Setelah donor, saya merasa enakan dan senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Justru saya berharap kegiatan ini rutin digelar,” harap Bayu.

Di Muara Teweh, kolaborasi serupa digelar Lapas Muara Teweh dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Muara Teweh. Kegiatan donor darah dilaksanakan di ruang laboratorium kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Utara bekerja sama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) Komunitas Donor Darah Barito Utara (KD2B) dan Dinkes Kabupaten Barito Utara.

"Kegiatan ini diprakarsai Bapas Muara Teweh bekerja sama dengan Pokmas Lipas dan Dinkes Kabupaten Barito Utara. Kami diajak untuk turut berpartisipasi dimana kegiatan seperti ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya,” terang Kalapas Muara Teweh, Sarwito.

Sementara itu, Kepala Bapas Muara Teweh, Edy Susetyo, membenarkan pihaknya berinisiatif mengajak pihak lapas untuk ikut serta dalam kegiatan kemanusiaan tersebut. "Kami dari bapas maupun lapas selama ini selalu saling bersinergi dalam setiap kegiatan," ucap Edy.

Dalam kegiatan donor darah, petugas PMI mengecek tekanan darah calon pendonor terlebih dahulu sebelum melakukan pengambilan darah. Petugas Bapas dan Lapas Muara Teweh juga tertib menunggu antrean pengambilan darah. Total petugas yang menjadi pendonor adalah enam petugas Bapas Muara Teweh dan lima petugas Lapas Muara Teweh.

Di akhir kegiatan, baik Lapas dan Bapas Muara Teweh berterima kasih dan mengapresiasi Pokmas Lipas dan Dinkes Kabupaten Barito Utara serta seluruh pihak yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut, terkhusus laboratorium Dinkes Kabupaten Barito Utara yang telah memfasilitasi kegiatan donor darah sehingga berjalan lancar.

“Kami mengucapkan syukur atas kegiatan sosial kemanusiaan yang telah terlaksana. Terima kasih atas partisipasi petugas Bapas dan Lapas Muara Teweh. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat dan dapat terus berkesinambungan ke depannya," harap Edy.

Apresiasi pun disampaikan perwakilan KD2B, Solichin. "Terima kasih atas partisipasi Bapas dan Lapas Muara Teweh dalam kegiatan donor darah. Insyaallah memberikan manfaat bagi yang membutuhkan,” pungkasnya.

 

 

 

Kontributor: Rutan Kotaagung, Lapas Muara Teweh, Bapas Muara Teweh

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0