Stempel Transparan UV, Inovasi Baru Rutan Batang

Stempel Transparan UV, Inovasi Baru Rutan Batang

Batang, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang kembali membuat inovasi dan terobosan. Lewat inovasi dalam sistem pengamanan pengunjung rutan, Rutan Batang mulai memberlakukan stempel transparan kepada para pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Batang, Dhoni Arib Setyawan, menjelaskan stempel trasparan tersebut sebagai upaya penyempurnaan sistem pengamanan pengunjung rutan yang selama ini hanya menggunakan stempel biasa dan ID card. Menurutnya, stempel biasa mudah hilang dan mudah ditiru, sementara stempel transparan hanya bisa dilihat dengan sinar ultraviolet.

“Stempel transparan ini inovasi kami dalam penguatan sistem pengamanan rutan, khususnya terhadap pengunjung. Diharapkan dengan stempel ini dapat meminimalisir risiko kaburnya WBP. Selain itu, secara estetika stempel transparan lebih nyaman dikenakan pengunjung karena tidak terlihat dengan mata biasa,” ucap Dhoni.

Saat ini, Rutan Batang sedang diusulkan untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Diantara program unggulan Rutan Batang selain stempel transparan adalah Bebas Peredaran Uang  dengan menggunakan e-money serta Gerai Pemasyarakatan yang memberikan segala layanan WBP dalam satu pintu.

“Stempel transparan merupakan satu diantara beberapa program unggulan kami dalam rangka pembangunan Zona Integritas Menuju WBK,” tegas Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana.

Rindra berharap program-program yang dilaksanakan di Rutan Batang dapat berjalan baik. “Kami berharap tahun ini berhasil meraih predikat WBK,” harapnya.

 

 

Kontributor: Amien

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0