Terima Narapidana Baru, LPP Jakarta Berlakukan Protokol Kesehatan

Terima Narapidana Baru, LPP Jakarta Berlakukan Protokol Kesehatan

Jakarta, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Jakarta kembali menerima mutasi narapidana dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Jakarta Timur, Jumat (6/11). Sebanyak 30 narapidana yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) dipindahkan ke lapas untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut.

Sebelumnya, telah dilakukan rapid test untuk memastikan narapidana bebas dari paparan Coronavirus disease (COVID-19). “Di tengah pandemi seperti ini, kami hanya menerima pindahan yang berstatus negatif serta sehat secara jasmani dan rohani,” tutur Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib, Enny Yulistiawati.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 di dalam lapas. “Kami menjaga agar Lapas Perempuan Jakarta tetap dalam zona hijau. Artinya, hingga saat ini Warga Binaan Pemasyarakatan di dalam masih belum terpapar,” jelas Enny.

Untuk memastikan kembali kesehatan mereka, para narapidana diminta untuk melakukan skrining kesehatan, tes urin, dan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan ke barang bawaan yang dibawa dari rutan. Setelah semua proses penerimaan usai, narapidana tersebut akan menjalani masa karantina selama 14 hari sebelum nantinya berbaur dengan narapidana lainnya.

Dengan adanya pemindahan narapidana ini, Kepala Lapas Perempuan Jakarta, Herlin Candrawati, menaruh harapan besar agar mereka mampu beradaptasi dan dapat mengubah kebiasaan lama. “Karena di lapas dan rutan sangat berbeda, saya harap mereka bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk mereka dan berubah menjadi lebih baik di sini,” harapnya.

 

 

Kontributor: Syifa Amelia

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0