Tingkatkan Pembinaan WBP, Rutan Banda Aceh Gandeng Yayasan Indonesia Maju

Tingkatkan Pembinaan WBP, Rutan Banda Aceh Gandeng Yayasan Indonesia Maju

Banda Aceh, INFO_PAS Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banda Aceh kedatangan perwakilan Yayasan Indonesia Maju, Rabu (11/11). Kedatangan mereka disambut hangat Kepala Rutan (Karutan) Banda Aceh, Irhamuddin.  

Dalam pertemuan tersebut, agenda yang dibahas adalah rencana kerja sama antara Yayasan Indonesia Maju dan Rutan Banda Aceh untuk melakukan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Irhamuddin pun menyambut positif rencana kerja sama tersebut.

“Ini merupakan bantuan yang sangat baik bagi Rutan Banda Aceh dalam melaksanakan program pembinaan WBP. Dengan adanya kerja sama ini, pembinaan di rutan akan bertambah dan terarah dengan adanya tenaga pengajar proporsional di bidangnya,” jelasnya.

Selanjutnya, Karutan didampingi Kepala Subseksi (Kasubsi) Pelayanan Tahanan, Aldri Maitaruna, mengajak rombongan dari Yayasan Indonesia Maju untuk melihat lingkungan sekitar Rutan Banda Aceh seraya menjelaskan banyaknya lahan kosong yang belum bisa dimanfaatkan secara optimal, khususnya area brandgang.

Ketua Yayasan Indonesia Maju, Mukti, menuturkan rencana kegiatan pembinaan WBP merupakan inisiatif dari yayasan untuk membantu para WBP dalam mengasah kemampuannya. Nantinya setelah bebas mereka diharapkan dapat hidup mandiri dengan menggunakan kemampuan yang telah didapat dari pembinaan ini.

“Setelah mengamati lingkungan Rutan Banda Aceh, ke depannya kami akan membuat seminar untuk mengetahui bakat dan minat WBP. Setelah itu, kami akan bagikan kelompok pembinaan berdasarkan bakat mereka,” tutur Mukti.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Aldri Maitaruna, akan melakukan pendataan dini kepada WBP terkait bakat dan minat agar ke depannya pembinaan mereka lebih terarah. Tidak hanya mengikuti pembinaan agar dapat keluar dari kamar, tetapi harus lebih sungguh-sungguh menjalankan kegiatan agar lebih bermanfaat bagi mereka saat bebas nantinya.

WBP yang sudah diajarkan pembinaan keterampilan ini wajib ke depannya memberikan pengajaran kepada WBP lainnya yang belum termasuk dalam program ini agar semuanya dapat merasakan pembinaan yang diajarkan tenaga profesional,” ucap Aldri.

Wakil Bendahara Yayasan Indonesia Maju, Anara, menambahkan Yayasan Indonesia Maju dan Rutan Banda Aceh akan membuat nota kesepahaman untuk kegiatan ini sebagai bukti keseriusan kedua pihak dalam pelaksanaan program pembinaan WBP. “Nanti ke depanya akan dibuat Memorandum of Understanding untuk kegiatan ini,” pungkasnya.

 

 

Kontributor: Rutan Banda Aceh

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0