WBP Rutan Manado Jalani Screening HIV & Hepatitis

WBP Rutan Manado Jalani Screening HIV & Hepatitis

Manado, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Manado bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado melalui Puskesmas Ronomut melaksanakan screening HIV dan Hepatitis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (5/12). Bertempat di Aula Rutan Manado, kegiatan ini diikuti 120 WBP.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan serta pemaparan singkat tentang penyakit HIV dan Hepatitis, dilanjutkan dengan pendaftaran sekaligus pengambilan data WBP dan pengambilan sampel darah WBP. “Kegiatan ini diharapkan menurunkan revalensi penyebaran HIV dan Hepatitis di Rutan Manado,” ucap dokter Rutan Manado, dr. Ester V. Waleleng.

Pemeriksaan HIV dan Hepatitis bagi WBP Rutan Manado akan dilaksanakan bertahap. Bila hari ini 120 WBP menjadi peserta, selanjutnya seluruh WBP Rutan Manado juga akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan. “Bagi WBP yang terindikasi / terinfeksi virus Hepatitis dan HIV akan mendapatkan pengobatan lanjutan,” tambah dr. Ester.

Pada kesempatan yang sama, Laura A. Paparang selaku Pemegang Program HIV dan Hepatitis Puskesmas Ronomut menyampaikan kegiatan ini perlu dilaksanakan untuk mengetahui status Hepatitis dan HIV WBP Rutan Manado. Ketika terindikasi ada status HIV dan Hepatitis, sesegera mungkin akan dilakukan tindakan, misalnya merujuk untuk pengobatan serta pencegahan agar tidak menular ke WBP yang lainya.

“Kegiatan screening HIV dan Hepatitis diharapkan rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun sesuai perintah Dinkes Kota Manado,” harap Laura.

 

 

           

 

Kontributor: Rutan Manado

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0